Tak Terbuka, First Travel Ditolak Masuk Empat Asosiasi

78
73449

umrah gagalHAJIUMRAHNEWS  –  Biro penyelenggara umrah First Travel ditolak masuk menjadi anggota oleh  empat asosiasi penyelenggara haji dan umrah karena tidak mau terbuka soal paket umrah murah yang mereka tawarkan.

“Sampai saat ini, dari empat asosiasi haji dan umrah yang ada, tidak ada yang mau terima First Travel,” ujar Ketua Umum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) Baluki Ahmad kepada hajiumrahnews di Jakarta, kemarin.

Padahal, menurut Baluki, keberadaan asosiasi cukup penting bagi penyelenggara haji dan umrah  ketika mereka membutuhkan rekomendasi untuk perpanjangan izin atau urusan yang lain.

Empat asosiasi penyelenggara haji dan umrah yang ada di Indonesia saat ini adalah Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound  Indonesia (Asphurindo), dan Kesatuan Tour Travel Haji dan Umrah Republik Indonesia (Kesthuri).

Hal yang sama dikatakan Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound  Indonesia (Asphurindo) KH Hafidz Taftazani.

Menurut dia, pernah suatu saat pendiri First Travel mendatangi pengurus Asphurindo untuk menanyakan soal kemungkinan biro travel tersebut menjadi anggota asosiasi.

“Tapi ketika kita minta First Travel terbuka soal sistem yang dipakai mereka sehingga bisa menawarkan harga yang sangat tidak rasional, mereka tidak bisa menjelaskannya , akhirnya kita tolak,” tutur Hafidz.

Menurut Hafidz, pihaknya  tidak bisa menerima begitu saja permintaan masuk menjadi anggota kendati perusahaan tersebut sudah mengantongi izin sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) dari Kementerian Agama.

“Untuk keanggotaan, di Asphurindo itu juga ada jenjangnya. Ada calon anggota dan anggota tetap,” ujar KH Hafidz yang juga wakil ketua Asosiasi Bina Haji dan Umrah Nahdlatul Ulama (Asbihu NU) ini.

First Travel adalah biro travel yang selama ini banyak menjual paket umrah murah di bawah Rp 15 juta, namun dengan masa tunggu keberangkatan sekitar satu tahun.(nrd)

Baca juga Skema Ponzi di Bisnis Umrah Harus Dilarang

78 COMMENTS

  1. foto diatas bukannya kasus penipuann MLM haji yang merugikan hingga 17 milliar? kok bisanya di kaitkan dengan berita ini ya, lantas siapa yang bertanggung jawab atas berita ini?

  2. Perusahaan yang memasang katanya tariff mahal kenyataannya untungnya kecil ! karena dari banyaknya jamaah yang daftar makanya jadi besar.
    pertama keuntungan perusahaan yang dibagi kepada jamaah
    Paket Umrah PT. Arminareka Perdana Rp.17.500.000
    Biaya Umrah Rp.14.000.000 –
    Sisa Keuntungan Rp. 3.500.000
    Komisi Jama’ah
    Referensi Umrah Rp. 1.500.000
    Pasangan Rp. 500.000
    Royalty Rp. 1.000.000 +
    Total Komisi Jama’ah Rp. 3.000.000 – Rp. 300.000 (adm 10%) = Rp. 2.700.000
    Biaya lain-lain (Souvenir baju koko/mukena, asuransi Rp.100.000, biaya pengiriman) + Rp.200.000
    Jadi Total yang dikeluarkan PT. Arminareka Perdana Rp. 2.700.000 + Rp. 200.000 = Rp. 2.900.000
    Jadi Keuntungan Bersih PT. Arminareka Perdana Rp. 3.500.000 – Rp. 2.900.000 = Rp. 600.000
    artinya perusahaan masih untung Rp. 600.000 per jamaah

    Kedua keuntungan perusahaan yang dibagi kepada jamaah
    PT. Arminareka Perdana memangkas atau menghilangkan biaya marketing yang dikeluarkan untuk media elektronik seperti TV dan Radio, media cetak seperti koran dan majalah, media promosi seperti pemasangan baliho, spanduk dll. Biaya marketing di atas bisa menghabiskan puluhan miliaran rupiah, anggaran itulah yang pada akhirnya dibagikan kepada jama’ah.
    Ketiga keuntungan perusahaan yang dibagi kepada jamaah
    PT. Arminareka Perdana bisa menekan anggaran dari perusahaan-perusahaan yang bekerjasama seperti Maskapai penerbangan Garuda Indonesian Airlane, Hotel-hotel di Mekah dan Madinah, kendaraan seperti Bus, Catering dll. Kenapa bisa ditekan anggarannya karena PT. Arminareka Perdana bisa memberangkatkan minimal 700 jama’ah setiap bulannya, perusahaan-perusahan tersebut memberi diskon khusus untuk PT. Arminareka Perdana agar semua jama’ah menggunakan jasa perusahaan mereka. Contohnya : Anda punya toko sembako ketika Anda membeli atau belanja 1 karung beras pasti berbeda harga yang diberikan oleh Agen
    ketika Anda membeli 100 ton beras, pasti lebih murah kalau Anda membeli 100 ton beras daripada 1 karung beras.
    semoga jadi pencerahan kita semua. Amiiinn

  3. Pokonya jgn coba2 utk daftar Umroh dgn hrg terlalu Murah…daftar di travel yg pasti &langsung berangkat aja…Segera Hubungi aja: 0857 765 0000 7

  4. Keluarga udah banyak yg umroh dgn first travel. Alhamdulilah semu umroh Nya lancar dan semua program terlaksana dan pulangnya juga alhamdulilah sampai rumah dgn selamat

    • Pada akhirnya dengan paket yg sedemikian murah yg akan terjadi pendoliman terhadap calon jamaah yg di belakang nya,krn sistem yg mereka pakai adalah sistem antri bergilir ketika di belakang sudah tiada yg mendaftar sudah barang tentu tidak akan berangkat kalau sudah begitu sah kah umroh orang yg pertama?

    • Harga tiket 900 itu kalo anda hitung dgn hrg 1 org dan beli nya dekat dgn kenerangkatan..tp kalo belinya dgn quota byk seperti First Travel dan waktunya 1 thn sblm keberangkatan dan rutin setiap bln (dlm bhs airlines seris) artinya hrs rutin tiap bln sgn jumlah yang sdh d sepakati antara travel dan airlines..airlines pasti memberikan hrg yang lbh murah dr 900 buat contoh : misalnya kt mau tur k bali : kalo kita berangkat 10 org dgn berangkat 50 org hrgnya pasti berbeda kan? Dan tiket pun demikian..kt kan sering liat hrg air asia kadang hanya 200rb pp bisa terbang k singapore..utk hotel jg demikian..kalo kt booking room dng jumlah 2 kamar dan 30 kamar hrgnya ppasti jauh beda..jd yang sy lihat disini First Travel hanya memanfaatkan link bagus yang mrk punya utk membuat deal2 khusus ke airlines dan hotel2..kalopun FT tfk mau terbuka sy wajar saja, krn itu dapur mrk, kalo nanti mrk terbuka sy yakin akan byk travel yang membuat umrah dgn hrg murah..smoga FT terus maju krn sy sendiri sdh merasakan umrahnya yang murah tapi dgn pelayanan yang sangat bagus..

      • Masuk akal mba khusnodzon aza dg firstravel. Ada yg pernah backpackeran nda yah bisa dikatakan first travel menggunakan cara cara yg sama. Wajar harga bisa ditekan

      • Hehehek kamar di saudi biar ngambil banyak ga bakalan murah.malah di ambil untung lagi sama pegawai disini.ngambil katering aja paling murah 33rs/kepala ga bisa murah dari itu biar ngambil 1 juta orang 😀

  5. Setiap tahun Kami memberangkatkan karyawan Alhamdulillah sudah berjalan sejak tahun 2013 hingga tahun depan insyaAllah… Dan selama ini first travel tidak pernah mengecewakan.

  6. Kadang bingung dengan para individu yang memakai lembaga/instansi/yayasan untuk berebut lahan soal ibadah yang satu ini.
    Saya awam banget jadi penasaran, sebenarnya sevalid apakah surat ijin yang dikeluarkan Kementerian Agama untuk para penyelenggara ibadah yang benar dan terpercaya. Karena terkadang sudah ada surat ijin yang syah dari Kemenag pun bisa saling serang menyerang seolah penyelenggara A jele/tidak benar. Bukankah sesama penyelenggara ibadah ini seharusnya bahu membahu membantu para calon/jemaah yang akan melaksanakan ibadah ini.
    Tidak mau berprasangka buruk, tapi sudah terlalu sering melihat ibadah satu ini dijadikan arena menjelekkan dan menjatuhkan, saling berkomentar hal buruk.
    Bukankah Allah Maha Segalanya sehingga kami pun berduyun-duyun melaksanakan ibadah umroh/haji ini. Jadi bila ada hal yang menyangkut ibadah, baik itu dana dan sebagainya yang tidak benar hasil dari memanfaatkan para hambaNya yang akan ke”rumah”Nya bukankah nantinya akan terlihat KekuasaanNya.
    Mari saling bahu membahu dalam kebaikan dan tawadhu untuk selalu melihat kesalahan diri terlebih dalam melayani ibadah umroh/haji. Jangan saling menyerang dan seolah berebut lahan… (mohon maaf)

    *edisi gerah sangat melihat aura negatif selalu dilepaskan individu-individu perihal ibadah umroh/haji ini. Hingga teman non muslim pun juga ikut heran.
    Ibadah semata-mata untukNya loch ini…..

    Terima kasih

  7. Comment:Alhamdulillah, saya sekeluarga (4 orang) sudah berangkat umroh menggunakan First Travel tgl 6 Februari 2016.
    dari berangkat sampe pulang kembali ke tanah air….cukup memuaskan kalopun ada kekurangan masih sangat sangat dimaklumi..
    jadi ingin berangkat ke Tanah suci lagi.
    terima kasih First Travel, berkat FT sesuatu yg mungkin hampir mustahil saya sekeluarga berangkat Umroh jadi sangat sangat mungkin karena biaya yg masih terjangkau.
    kalo ada yg murah dan bagus, knapa muti milih yg mahal dan bagus.

  8. Alhamdulillah keluarga saya ada yang mengunakan First Travel untuk umroh dan dapat berjalan lancar meskipun dengan biaya yang terjangkau, fasilitas nya juga baik. Semoga asosiasi mau mempermudah jalan FT untuk bergabung karena niar FT baik membantu jamaah umroh dengan biaya yang murah tapi tidak murahan . Amin

  9. Alhamdulillah saya sdh coba kemarin tgl.5 sd 13 maret umroh ikut first travel, dan saya juga sdh pernah ikut umroh travel lain dengan harga $2300 pd th.2013, ternyata nggak beda malahan masih enak fist travel, pengaturan jamaah dan perlengkapannya terkoordinir dengan baik hotel juga nggak terlalu jauh, dengan terbukti banyak jamaah setiap habis sholat jamaah pulang lagi ke hotel,…., mutowifnya dan team leadernya juga ok,….mestinya biro2 travel lainnya perlu belajar sama FT,….

  10. Maaf sebelumnya mau ikut bertanya: apakah jika calon jamaah tidak bisa berangkat alias ada kendala satu dan lain hal, Apakah pantas uang yg telah disetorkan lunas lantas hangus? Sementara paspor pun belum di cap kedutaan untuk visa, Rp.13.5jt dapat tas sama seragam. Ketika coba bertemu dpt solusi tp ternyata solusi nya tak akurat, ketika kita bertanya pada salah satu staff yg ada pun tak bisa menjawab lalu di hubungkan ke petugas yg lebih kompeten dan kita ingin keterangan jelas disambungkan via telp. Kita banyak bertanya walaupun agak mendesak malah itu telepon di tutup sepihak secara kasar, begitukah cara menghadapi customer yg agak kritis?? Atau Apakah saya memang belum terpanggil untuk beribadah dan sholat berjamaah di mekkah, mungkin dosa saya masih banyak sehingga belum cukup untuk bersih untuk dapat pergi ke tanah suci.

    • Ini yg saya alami jg. Tidak ada pengembalian. Padahal disini kasusnya mama meninggal sebelum tanggal keberangkatan.

  11. First travel, alhamdulillah mei 2015, 45 org warga sekitar kami berangkat dg jasa FT diliput jg di tv nasional, 45 org ini sebagian besar menengah kebawah. Berkat jasa FT mereka berhasil menunaikan ibadah ke tanah suci dengan selamat dan senang, bahkan seakan menjadi sodara selama 9 hari bersma tour leader kami. Saya hanya berdoa semoga bukan hanya FT yang mampu memudahkan umat islam berangkat haji n umroh tapi juga travel2 lain. Dg biaya yg terjangkau dan tanpa embel2 bisnis bisnisan…

  12. Wah knp bs bgini berita dan ganbarnya???? First travel, alhamdulillah mei 2015, 45 org warga sekitar kami berangkat dg jasa FT diliput jg di tv nasional, 45 org ini sebagian besar menengah kebawah. Berkat jasa FT mereka berhasil menunaikan ibadah ke tanah suci dengan selamat dan senang, bahkan seakan menjadi sodara selama 9 hari bersma tour leader kami. Saya hanya berdoa semoga bukan hanya FT yang mampu memudahkan umat islam berangkat haji n umroh tapi juga travel2 lain. Dg biaya yg terjangkau dan tanpa embel2 bisnis bisnisan…

  13. Mau ikut sharing ya, kebetulan saya juga bergelut di dunia travel Umrah & Haji ini masih baru, thn 2011.

    Ada beberapa komponen Paket Umrah :
    1. Tiket Pesawat PP
    2. VIsa
    3. LA ( Jeddah to Jeddah ) termasuk didlmnya Bus, hotel, makan, citytour selama di Al Haramain atau selama Umrah.

    Bila kita lihat dari sisi biaya :
    1. Tiket Pesawat Ekonomi PP USD. 980 ( misalnya dpt harga yg promo) di internet kita bebas melihat dan memilih. Misalnya Pesawat A dgn type boeing 747 – 400 (dah nyaman banget tuh) direct jeddah pula. Gak pake transit.
    2. Visa . Visa umrah bila dlm bulan2 diluar Ramadhan harganya sekitar USD. 80 – 100, kalau sdh masuk Sya’ban sd Ramadhan bisa mencapai USD. 400
    Ok, kita ambil yg terendah, dgn asumsi kita dpt provider yg ok dan ngasih harga bagus. USD. 80
    3. LA (Land Arranggemnt; bener gak sih tulisannya;)
    Nah untuk yg ini, kisaran harganya tergantung type hotel, jarak, menu, type bus, dll. Kita kembali ambil yg terendah dgn hotel standar. Misalnya bintang 3 dengan jarak kl. 500 meter dari Mesjidil Haram dan di Madinah 200 meter dari Nabawi.
    Harganya USD. 400
    4. Tour Leader
    Ini sangat penting untuk jamaah. Guide yg mendampingi di awal selama Perjalanan. Karena tanpa guide jamaah bingung apalagi yg masih baru, jd mesti ada yg mendampingi. Bila satu group ada 40 biasanya dikenai sekitar USD. 60
    5. Biaya operasional Perusahaan kembali kita ambil yg termurah, biaya kantor, marketing, dll. Sekitar USD. 50

    Nah kita bisa hitung ;
    1. Tiket 900
    2. Visa 80
    3. LA 400
    4. Guide 60
    5. Biaya Operasional dan Marketing 200
    6. Lounge Umrah 10
    ===========
    USD. 1.700

    Ini baru harga dasar dan yg paling murah semuanya.
    Ini blm termasuk :
    Profit Perusahaan, Sehingga standarnya untuk Paket Murah Meriah untuk 9 hari perjalanan. Jarak dan
    Type hotel sesuai kelas yg terendah.
    Bisa di sekitaran USD. 1750

    Nah biaya umrah ini kembali lagi kepada travel penyelenggaranya, memberikan fasilitas dan kenyamanan tersendiri bagi jamaahnya tentunya ada biaya ekstra yg dikeluarkan selain meningkatkan fasilitas yang ada.
    Misalnya memilih hotel, Tour leader, Pesawat ( dirrect jeddah atau madinah) layanan lounge bandara, asesoris jamaah, dll.

    Ini yang berjalan normal, berbeda lagi dengan berbagai resiko di perjalanan. Pesawat tiba2 ada kerusakan, izin terbang di cabut, atau pihak hotel tiba2 bilang full padahal sdh bayar, duitnya dibalikin suruh cari hotel lain… visa gak keluar mau akibatnya tiket pesawatnya hanguuuuss (hmmm yg ini ngenes banget) dan masih byk kendala teknis lainnya.

    Di dunia umrah haji memang harus teliti serius dan niatnya mesti bener. Melayani Tamu Allah yg datang beribadah Insya Allah pahalanya besar, sehingga ujiannya pun juga tetap ada.

    Mudah2n ini dapat menjadi gambaran bagi kita mengenai biaya umrah. Dan semoga dapat ditelaah dengan positif.
    Mohon maaf jika ada pihak yang kurang berkenan dengan postingan saya ini.

    Hj. Elvie Sukrisni, S.Sos, MM
    PT. Baitul Izza Indonesia – Jakarta
    elvie.sukrisni@gmail.com
    0877 8539 2116

    • Ibu Elvie Sukrisni..FT itu awalnya bergerak di bidang tur biasa yang akhirnya merambah k travel umrah..jd sdh paham betul seluk beluknya travel, gimana cara deal hrg murah k airlines dan hitel beaerta LA nya, hrg tiket 900 itu memang benar utk hrg grup kecil mungkin..tpp airlines itu ada sistem hrga grup series artinya grup dgn keberangkatan yang rutin dan jumlah yang sdh d sepakati oleh ke 2 belah pihak, ini akan mendapat hrg yang jaul lbh murah,demikian juga halnya dgn hotel dan LA nya, utk contoh gampangnya deh, kalo kt minta hrg paket tur pasti di tanya utk brp org? Krn harga 5 org akan berbeda dgn hrg 10 org atau 15 org dst..jd demikian juga halnya dgn hrg umrahnya FT..jd kalo buat sy yang sdh berkecimpung d travel selama 15 thn lbh sgt masuk akal..cuma memang perlu keberanian, krn apabila quota yang mrk sepakati tdk terpenuhi maka FT akan tetap membayar semua Quota yang sdh d blok..contoh kecil lg..hrg air asia kalo kt booking jauh2 hr pasti hrgnya lbh murah dibanding booking dekat2 dgn kenerangkatan..apalagi ini FT booking 1 thn sblmnya bisa d pastikan hrgnya pasti lbh murah..dan sy juga sdh merasakan umrahnya FT 10 Dec 2015 yang lalu..Alhamdulillah semua bagus, pelayanan dan makanannya sangat memuaskan..

      • Untuk hotel gak akan murah walaupun 1000000 org yg datang.malah di ayamin sama hindel nya disini ;D begitu juga dengan katering nya

  14. agar tidak terjadi polemik, mungkin dari pihak first travel bisa memberikan konfirmasi terkait biaya yang dikeluarkan untuk membiayai satu paket umroh promo…

  15. Saya berangkat umroh dengan First Travel (FT) sudah dua kali pada bln Jan 2014 sangat puasa, yang kedua tgl 18-26 Maret 2016 yang lalu bersama anak2, Isteri dan Orang tua total 5 orang, lagi lagi sangat puassssss…sebagai orang awan saya bertanya-tanya apa ada yang salah dengan FT?, menurut saya sebagai kalangan bawah sangat terbantu dengan umroh promo biaya terjangkau fasilitas terpenuhi, makan selama di sana berlimpah ruah, program berjalan sesuai rencana yang di tawarkan, mutowif yang mendampingi sangat bagus ( terima kasih Wan Abbud, Mutowif). Dan saya memprogramkan kepada keluarga utk berangkat tiap dua tahun apabila FT masih menetapkan biaya yang sangat terjangkau. Kalao semua berniat utk membantu ibadah kepada jamaah /umat/warga Indonesia kenapa para penyelenggara ibadah haji dan umroh beserta asosiasi berpikir utk mencari solusi cara memberikan biaya yang rendah dan terjangkau serta jangan mempermasahkan FT yang sudah memberikan layanan terbaiknya. Saya berkeyakinan Travel lain mampu dan akan mengikuti langkah FT, selamat dan sukses FIRST TRAVEL kami ingin kembali umroh bersama ANDA..

  16. Semakin tinggi semakin besar juga cobaan yang akan menerpamu…semakin jaya first travel, buktikan amanah jamaahmu dgn prestasi2 yang semakin membanggakan.

  17. Saya dan suami baru saja kembali dari perjalanan umroh dengan First Travel tgl 29 Maret 2016. Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai dengan schedul yang mereka sampaikan sebelumnya. Hotel bagus dengan jarak sekitar 300 meter dari mesjid Nabawi dan Masjidil Haram (Al-Anshar New Palace Hotel di Medinah dan Alqodisiyah Hotel di Mekkah). Makan berlimpah dengan menu Indonesia 3x sehari. Transport lokal bis AC yang nyaman. Tour Leader (Ibu Atie Kurniati) sangat bertanggung jawab terhadap jamaah umrohnya. Mulai dari Blue Sky Lounge di Bandara Soeta kami sudah dilayani dengan sangat baik. Terima kasih untuk pelayanan yang sangat baik dari FT. Semoga tetap dapat memberangkatkan jamaah umroh dengan biaya yang sangat terjangkau.

  18. Yang mau berangkat dengan keluarga dengan sarat ngurus visa ke kbsa dan tiket PP.saya bermuqim di Arab Saudi makkah.siap membantu Anda mencarikan hotel Makkah Madinah dan Jeddah. juga transportasi dan mutowwif/gaed.hubungi no.hp saya.+966507876489

  19. Uang yang anda bayar untuk berangkat umrah tahun depan, digunakan oleh jamaah yang berangkat tahun ini. Begitupun saat anda berangkat tahun depan menggunakan uang jamaah yang baru mendaftar tahun depan untuk berangkat dua tahun kemudian. Tidak ada donasi dari orang kaya / orang yang tidak diketahui, semuanya murni perputaran uang. Uang yang terkumpul di investasikan oleh perusahaan terkait entah dimana. Itu mungkin yang kadang anda alami, jadwal molor dan anda tidak pernah tahu TANGGAL PASTI anda berangkat, hanya TAHUN DEPAN saja / 6 BULAN KEMUDIAN saja bukan 1 APRIL 2017 misalnya.

    Perusahaan yang menginvestasikan / memutar / mengelola dana publik harus memiliki izin OJK, seperti BANK, ASURANSI, REKSADANA. Jika tidak ada tentu tidak ada pengawasan dan menyalahi aturan. Anda yang alhamdulillah berhasil berangkat, bersyukurlah. Selama sistem ini masih berjalan, akan ada orang yang suatu saat gagal berangkat (jika ekornya habis / minim pendaftaran) saya bukan suudzon, ini juga yang terjadi pada beberapa travel yang tutup di beberapa kota dan uang jamaah hilang sudah.

    Semoga amal ibadah umrah kita semua diterima oleh Allah swt

  20. Mungkin ada baiknya anda anda bertanya langsung dari FT mengenai sebab murah nya biaya umrah FT, kalau ternyata di putar uangnya berarti kita umrah di atas kesulitan orang lain karena umrah kita tahun ini menggunakan biaya jamaah yang akan umrah tahun depan… Kalau ternyata ada donatur yang membackup ratusan ribuan jamaah FT masya Allah ini mungkin orang kaya no 1 di dunia… Semoga Allah lipat gandakan hartanya …. Jangan berasumsi silahkan anda tanya saja langsung…

  21. Akhi – Akhwat seperjuangan,
    Anda mau Umrah dgn mudah, aman & nyaman silahkan klik http://www.hannientour.co.id
    PT. Utsmaniyah Hannien Tour, dgn izin Umrah No. 154/2015 adalah Biro Perjalanan Wisata anda menuju Baitullah dengan Mudah, Aman & Nyaman.
    Hannien Tour ” Your Journey Our Pleasere”
    Kantor Perwakilan Kota Tasikmalaya dgn alamat:
    Asia Plaza Teejay Square Lt 1A No. 2 Jl. HZ. Mustofa No. 326 Kota Tasikmalaya, Tlp 0265-2350 050

  22. Kayaknya nggak ada yg menjatuhkan ya, judul dan isi sangat sinkron…asosiasi menolak FT krn mereka tdk terbuka ketika di tanya kenapa bs kasih harga yg murah?

    jd bukan masalah berangkat atau tdk, pelayanan baik atau tdk. Husnudzonln boleh, realistis harus.

    dan komen2 masuk akal di atas jg bs jd pertimbangan dg akal jernih. di korelasikan dg himbauan kemenag bahwa harga Umroh du bawah 16 jt money game.

    semoga Allah membukakan pintu ilmu kita semua

  23. Saya sangat setuju dgn komen ini (dan komen yg senada):
    Uang yang anda bayar untuk berangkat umrah tahun depan, digunakan oleh jamaah yang berangkat tahun ini. Begitupun saat anda berangkat tahun depan menggunakan uang jamaah yang baru mendaftar tahun depan untuk berangkat dua tahun kemudian. Tidak ada donasi dari orang kaya / orang yang tidak diketahui, semuanya murni perputaran uang. Uang yang terkumpul di investasikan oleh perusahaan terkait entah dimana. Itu mungkin yang kadang anda alami, jadwal molor dan anda tidak pernah tahu TANGGAL PASTI anda berangkat, hanya TAHUN DEPAN saja / 6 BULAN KEMUDIAN saja bukan 1 APRIL 2017 misalnya.
    ………Selama sistem ini masih berjalan, akan ada orang yang suatu saat gagal berangkat (jika ekornya habis / minim pendaftaran) saya bukan suudzon, ini juga yang terjadi pada beberapa travel yang tutup di beberapa kota dan uang jamaah hilang sudah.
    Semoga amal ibadah umrah kita semua diterima oleh Allah swt

    Hal ini krn saya pernah mengalami nya sendiri. Dulu wkt masih di batam, saya mengumrohkan mama saya krn “tergiur” dgn biayanya yg hanya 5jt. Sementara saat itu biaya umroh pd umumnya sktr 10-12jt.
    Saya dftrkan mama dgn 5 org sodara lainnya.
    Ternyata saat keberangkatan, yg bs berangkat hanya ber dua. Yg lima org lagi dikasih jadwal bbrp bln berikutnya.
    Lalu bbrp bln berikutnya, yg bs brkt jg hanya ber dua. Sampe akhirnya Travel tsb diusut dan pemiliknya di penjara ,sehingga sodara yg 2 org lg berikut calon jamaah lainnya yg blm brkt, gagal utk brkt.
    Ternyata Travel tsb menggunakan sistem spt “arisan” berantai. Dlm arti jemaah yg brkt diawal, sebagian biayanya di “talangi” dgn biaya jamaah berikutnya yg jg sdh lunas membayar. Lalu jemaah yg berikutnya, diberangkatkan jg dgn cara menggunakan sebagian biaya dr jemaah yg berikutnya lagi. Demikianlah seterusnya. Sehingga logikanya, jika jemaah tetap ada, maka ga akan ada masalah. Umroh akan tetap berjalan “normal” tp disaat diujung2 sdh semakin dikit ,perusahaan akan makin sulit dan yg jd “korban” tentunya jemaah yg belakangan.
    Demikian sedikit sharing pengalaman
    Bukan suudzon jg, tp ada baik nya kita lbh hati2 .
    Bagi yg mmg sdh merasakan tdk ada masalah apapun bergkt dgn FT, tentunya byk bersyukur krn sdh diridhoi Allah brkt umroh dgn biaya yg sangat terjangkau. Tp bagi yg belum, siapa tau hal ini bs jd bahan pertimbangan, jgn sampe ibadah kita justru tanpa sengaja pd suatu saat mempersulit org2 dibelakang kita krn sistim yg dipake oleh perusahaan jasa umroh yg kita gunakan.

  24. .Guys,
    As Salam Alaikum www bismillahirrohmanirrohim
    Kalau Biaya Umroh Selama Bertahun tahun ini Stagnant Aja, Lumayan Stabil koq, Kami kebetulan mikutan Gabung Umroh Mandiri ala Backpacker. Benerannn Guys,
    Kalau Biaya Umroh Selama Bertahun tahun ini Stagnant Aja, Lumayan Stabil koq, Kami kebetulan mikutan Gabung Umroh Mandiri ala Backpacker. Benerannn Emang Asli boleh dilihat di Halaman atau Group,
    https://www.facebook.com/groups/umroh.backpacker.community.indonesia/ check it Out, Pls .. Alhamdulillah, Syukron, bisa juga kalau lihat di https://www.facebook.com/UMROH.Backpacker.INDONESIA/?ref=bookmarks
    Kalau Langsung Gabung, Members, bisa Gratis Koq
    Umroh BackPacker Community emang lumayan Animo Pesertanya, disamping itu Biaya juga Murah Meriah, Reasonable Price, Malah cuman Usd 1125 $ atau 15,5 Juta Adm 1,5 Juta, All in Biaya malah udah full Board untuk Dursi Max 10 Hari, maskapai Al Fursan Group, dan tergantumg ketersediaan, bisa SV Saudi Airlines atau Flynass, Ettihad pernah juga Emirates, dll Ermang Super Duper Murmer, masih bonus Cashback tiap Jamaah dapet Sejuta untuk 1 Pax yang diajaknya, Kalau 2′ Pax dapet 2 Juta, Lhaa kalau Ada sampai 15 Pax dapet 15 Juta atau Gratis Umroh Satu Kursi, malah Kemaren yang dapet Gratisan Ada Sekitar 7 Orang Jamaah, diantaranya Adalah Seorang Muallaf malah baru Kemaren mikut Berngkat, Seorang Syarifah, dari Jatim, Satu Syarifah dari Jateng, Jogyakarta Satu Habib, Juga 3 Orang Awam biasa, Gratisan !!! Beneran Alhamdulillah, Aman Nyaman dan Amanah, dihandle dengan Handla Oleh Admin yang Bener Bener Tulus, serta Ikhlas, Tentu saja Berbarokah, Sehingga Senantiasa Amanah, Aman dan Nyaman, Semoga Jamaahnya Senantiasa selalu Maqbul/Maqbullah, dan Senantiasa di Ridhoi Allah, Aamiin YRA, dipersilahkan Gabung Guys, Syukron. Wassalam

  25. Assalamualaikum wr wb

    Semoga Allah SWT Yang Maha Agung senantiasa melimpahkan rahmat, hidayah & inayah-Nya serta membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridhai-Nya. Aamiin.

    Maaf saya orang awam. Menurut saya inti dari perjalanan ibadah Umrah maupun haji adalah Manisthatha’a (kemampuan/Kesanggupan) dalam hal :
    1. Kesehatan
    2. Aman dalam perjalanan
    3. Biaya

    Saya lewatin yang tentang Kesehatan dan Aman dalam perjalanan dulu yaa……tentang Biaya Perjalanan. Dalam hal ini kalau biaya perjalanan itu manistatha’anya adalah bayar sesuai biaya perjalanan yang sesuai pada umumnya, kalau subsidi silang itu belum mampu artinya, begitu juga sistem dorong belakang atau dorong depan, berangkat dulu belakang yang bayarin itu juga belum mampu, begitu juga dengan arisan …

  26. Masuk akal penjelasannyaaaaa…….jadi cari yang aman agar ibadahnya benar2 makbul…..jangan tergiur karena murah…harus tau juga history travelnya….

  27. Jamaah yang cerdas akan tanya :
    1. Legalitas Perusahaannya
    2. Jadwal keberangkatan
    3. Jadwal Pesawatnya
    4. Hotelnya
    5. Kepastian Visa

  28. Ssya sudah tiga kali umroh dg biaya 30 jt…23 jt dan 14 jt ternyata puas juga walaupun murah bahkan tak sebanding dg murahnya….puas dan ramah…lanjut PT…moga jaya selalu..dg niat ibadah agar sebanyak mungkin jamaah bisa ke tanah suci…Aamiin

  29. Saya menggunakan First Travel ketika umroh Maret 2014. Dan saya mengalami banyak kekacauan dalam umroh saya.
    Pertama: jadwal keluar begitu lama. Ketika biro ditanya. Jawab nya kurang memuaskan
    Kedua: untuk keberangkatan 2014, paspor saya sudah disetor dari bulan september 2013. Padahal kepastian tgl berangkat baru didapat akhir januari 2014.
    Ketiga: ternyata pembimbing untuk rombongan saya tidak dapat visa sehingga digantikan dengan orang lain secara random *menurut info dari anggota rombongan* dan beliau sudah cukup berumur untuk mengurusi rombongan sekitar 80 orang.
    Keempat: kebetulan ketika akan berangkat umroh, mama saya meninggal di januari 2014. Dan ada lg 1 orang saudara yg meninggal di maret 2014 serta membatalkan keberangkatan. Dan semua itu tidak ada pengembalian dana sama sekali dari First Travel.
    Kelima: hotelnya sangat jauh untuk saya yg hamil ketika umroh.
    Keenam: ketika di madinah, rombongan kami sempat kehabisan kamar. Dan kami sempat berpindah hotel dengan berjalan membawa tentengan kami.
    Ketujuh: karena sangat banyaknya orang dari travel ini, sering ketika di hotel kami kehabisan makanan kalau terlambat ke restoran. Jadi ada kemungkinan memang porsinya tidak dilebihkan.
    Kedelapan: kami satu rombongan menaiki 2 bis. Dan memang di dalam bis itu penuh dan tidak bersisa 1 kursi pun.
    Jadi menurut saya, mungkin dari sinilah mereka mendapatkan banyak keuntungan selain dari tiket pesawat dll.

  30. Dari tahun 2010 saya kenal pt armina dan th 11 saya umroh pertama kali, umroh ke 2 th 12 umroh 3 th 14 dan umroh 4 tgl 4 febuari 2016 bersama Direktur pt amina bunda guril kita membawa 184 jamaah dan umroh ke 5 , tgl 4 april 2016 saya beserta sorg dokter fauzi sekaligus ustad membawa 194 jamaah.Perlu ketahui dari pertama saya umroh sampai umroh kemarin 4 ap 16 pelayanan armina semakin lebih baik lagi , padahal tahun 2010 itu sudah saya anggap baik dan luar biasa. Insya Alloh saya tetap cinta armina. Karena pelayanan amanah nya dan tanggung jawab yg luar biasa. Contoh waktu saya membawa jamaah di 4 febuari 2016 byk jamaah saya yg sakit sampai berhari hari tetapi semua biaya rumah sakit sd tanggung jawab menyelesaikan ibadah umroh nya dan sampai di antar kepulangan di daerahnya sudah jadi tanggung jwb armina.dan ada lagi ada jamaah banjar yg sakit waktu di mekah dari bulan desember di rawat sampai sekarang belum sembuh, hampir berapa bulan biaya rumah sakit di tanggung oleh armina coba kalau pt tdk kuat dan tidak ada campur tangan Alloh sudah ambruk dan gak mau rugi.Tapi ak peribadi berdoa Armina tetap jaya sebagai ladang akherat dan semoga yg punya di kasih panjang umur dan kesehattan….amin. Dan betul sebenarnya kalau yg sudah faham armina itu tidak mahal.setelah saya tahu sisttemnya ternyata keuntugan Armina per satu jamaah hanya 700 ribu.semua biaya yg kita keluarkan utk umroh lewat armina di kembalikan lgi untuk pelayanan yg terbaik akomodasi dan marketing.Masalah iklan pakai Tv Atau media saya beritahu itu yg mengadakan perwakilan atau lidear lidear armina , contoh saya juga pernah live tv di Banyumas Tv dan koran atau tabloid jadi itu bagian dari trik marketing perwakilan cara siarnya bagaimana , karena usaha di armina usaha IBO…..

    Saya byk di tawarin biro biro lain tapi saya tetap yakin dengan Armina.

  31. First Travel sejak April dan Mei 2016, menunda nunda pemberangkatan…. Coba tanya jamaah yg berangkat di bulan tsb… Ini terjadi di kelompok saya. Kita sudah dua kali siap berangkat… Eehhh Ndak jadi… Info nya dan komunikasi akhir akhir ini burukkkkk

  32. Niat kami sekeluarga untuk pergi umrah & di tawarkan pake First Travel maka thn 2015 kami byr Lunas untuk keberangkatan thn 2016 & sdh di sepakati di awal mei tapi kenyataan nya sampe akhir mei kita hanya terima janji2 tapi realisainya tdk ada dengan bermacam2 Alasan sampai akhirnya kami putus kan untuk membatalkan karena First travel Tidak professional & commitment & meminta kembali uang kami yg sdh masuk 1 thn lebih tapi sangat sulit yg ktnya hrs tunggu 3 bln & di potong sana sini . Sedang kan dalam 1 thn lebih FT sdh menikmati uang tsb , Kami merasa di bohongi oleh FT & sangat di rugikan .

  33. Setuju Pak Madjid.. Karena NIATnya yang hanya ingin MEMBANTU orang yang tidak mampu untuk berangkat ibadah, beda dengan yang mengejar PROFIT saja…

    Kalau masalah kok bisa yaitu karena berbuat di jalan Allah pasti diberikan kemudahan…

    Kalau masalah ada yang tidak berangkat, harus dilihat dulu masalahnya kenapa, apakah oknum agen nya, atau jangan-jangan dipersulit oleh asosiasi2 yang merasa punya otoritas untuk mengeluarkan ijin…. Mudah-mudahan tidak demikian..

  34. Saya umroh bersama istri dgn FT awal tahun 2016, ambil paket REGULER bukan PROMO yg 14.3 jt. Alhamdulillah lancar dan kategori memuaskan. Kekurangsempurnaan tentu ada, tapi masih sangat wajar.

  35. saya pernah juga umro.dgn biaya murah. bayar th 2015.berangkat 2016. Rp 30 juta untuk dua jamaah. travel.di ceribon. pelayanan muaskan. programmilad. satu pesawat airasia isi full jamaah rombongan yg sama.
    tentunya first travel bisa murah lagi krn jamaahnya ribuan.bahkan puluhan ribu.

  36. kami baru akan mengikuti pemberangkatan umroh melalui FT, jd saya baca semua coment2 (ada yg memuji ada yg mencela), saya berniat memakai FT krn biaya cukup terjangkau unt kami (suami pns guru saya ibu rmh tangga) semoga Allah memberi kemudahan & kelancaran unt niat kami pergi umroh, krn unt ibadah haji kami msh menunggu lama, biaya haji kami sdh lunas, niat umroh kami semoga dilancarkan & dimudahkan (ga ada yg tau umur kita sampai kpn) mohon doanya

  37. saya baru umroh ramadan semi backpacker (18 jun-4juli) + istanbul, berempat dengan 2 anak habis sekitar 80 juta. termasuk makan dan oleh2. Tidur di hotel book online, pake taxi aja kemana-mana, kecuali di istanbul naek tram. Harga promo FT menurut saya harga basic, dia dapat keuntungan dari adanya duit cash gak usah pinjam bank dan dari paket umrah reguler yang 20 juta+++.

  38. yaampun basi neh beritanya, ni berita udah 4 bulan lalu.. kok masih ada di frontpage sih
    kenapa gak nyari berita yang baru? kok berita lama yang muncul.. orangnya udah pada pulang kali itu mah hahaha

  39. Assalammualaikum wr wb…ijin ikut shearing pertama..Dalam Islam sesuatu yg baik itu dianjurkan untuk disampaikan..krn satu orang yg mengikuti maka pahala kebaikan akan didapat dari Alloh SWT baik dunia maupun akhirat..maka seharusnya 4 asosiasi tdk mendapatkan penjelasan yg logis dan rasional bagaimana bisa dg cara semurah first class..sehingga niat baiknya membantu sesama muslim bisa diikuti travel yg lainnya..dan akan bisa dirasakan seluruh jamaah muslim indonesia yg tdk mungkin di jangkau semua oleh first travel..itu klo niatnya kita taawun saling menolong….

    Kedua ..Alloh sudah menetepakan rizki masing2 travel…mungkinkan Alloh salah kasih amanah rizki ke travel travel…klo Alloh Salah bukan tuhan namanya …dan pasti haqqul yakin benar dan jaminan Alloh Maha pemberi rizki…dasar itulah seharusnya First travel nggak perlu takut untuk di tiru takut jamaahnya diambil orang…klo kita amanah ..terbuka…inshaa Alloh nggak kemana mana jamaah tsb..Rosululloh SAW saja inget waktu berdagang jujur banget..sampe sampe harga pokoknya disampaikan..ada barangya yg kurang baik dan yg baik juga di tunjukkan ke customernya..toh nyatanya luar biasa hasil penjualan beliau saat di amanahi oleh siti khodijah RA…dan seharusnya itu yg kita jadikan pedoman seluruh travel termasuk first travel untuk nggak usah takut menjelaskan tekhnis kemampuan pengelolaan travel mrk…klo takut dan tdk terbuka itu akan menjadikan tanda tanya Besar kpd semua orang…

    Ketiga….mungkin dan pasti ada yg banyak berhasil mengikuti umroh melalui first travel yg harus disyukuri…tetapi kita juga harus memikirkan nasib saudara kita yg gagal berangkat juga..dan nasib ribuan pendaftar dibelakang jamaah yg sudah berangkat..jangan sampe misalkan krn kita sudah berangkat aman..tidak mau tau cara proses yg di tempuh oleh first travel benar atau salah baik secara hukum islam atau aturan yg berlaku membabi buta mendukung tanpa berfikir secara objektif….nah disini kita perlu kedewasaan berfikir ..bersikap dan bertindak…justru seluruh jamaah baik di travel manapun harus diberi tahu dg rinci bagaimana bisa mendapatkan harga tsb bisa berangkat..terlebih first travel yg menjadi sorotan..dg begitu tdk ada fitnah dan peluang saudara kita untuk memfitnah…klo first travel tdk berani menjelaskan akan membuka kesempatan orang lain bersuudzon..bahkan sampe memfitnah..dan first travel harus menutup celah saudaranya yg muslim untuk berlaku yg dholim…krn dg mencegah dg cara tabayun..maka semua suudzon hilang ..fitnah tdk terjadi..
    masya Alloh luar biasa itu saudaraku…first travel khususnya dan jamaah kaum muslimiin umumnya..mohon maaf apabila ada kata yg tdk sengaja menyinggung perasaan terlebih saudaraku first travel yg sedang jadi bahasan utama..wallohu A’lam bishoowab

    Semoga bermanfaat ..
    Wassalammualaikum wr wb..

  40. saya sudah daftar utk umroh promo 2017. pelunasan sudah di lakukan januari 2016. waktu pemberitahuan pembukaan umroh promo tersebut di sebutkan perkiraan berangkat maret s/d mei 2017. ini sudah dekat bulan april 2017, belum ada pemberitahuan ttg jadwal keberangkatan. berkali kali tanya ke first travel jawaban selalu sama , bahwa sedang dalam antrian untuk berangkat. waktu ambil perlengkapan di gudang cimannggis , beberapa jamaah mengeluhkan hal yg sama. pernah komplain ke facebook first travel , di jawab bahwa sesuai dgn syarat ketentuan, keberangkatan umroh promo di tentukan oleh first travel. lah kok gitu ???? jadi gak sesuai dgn waktu pembukaan iklan iklan umroh promo yg sudah menyebutkan perkiraan berangkat. kalo gitu bisa berangkat sampe 5 tahun lagi dong….mending daftar haji kalo gitu. bener bener nyesel daftar ke first travel. sampe sekarang first travel masih aja membuka pendaftaran umroh promo , dan semuanya menyebutkan perkiraan jadwal berangkat…tapi asal tau aja..ya itu cuma janji janji yang ga pasti.

    • Bapak kan penjadwalan dr awal perkiraan berangkat maret-mei. Ini kan masih di bulan maret pak. Kalau sudah lewat mei baru bisa complain ketidaksesuaian. Memang jadwal keberangkatan ditentukan oleh travelnya (cuma perkiraan dr awal kan maret-mei) jadi bukan berarti bisa sampai 5tahun lg pak. Sabar menunggu pak, smoga dilancarkan Dan saya sekeluarga bisa ikut menyusul. aminn

  41. Saya menggunakan First Travel untuk keberangkatan tahun 2017 ini, Dijanjikan bulan Febuari, namun agen beralasan tidak jelas hingga terus mundur ke Maret, dan seterusnya. Padahal agen menjanjikan sudah pasti bulan Mei karena kuota terakhir di bulan ini, namun ia berkelit lagi. hinggal harus berangkat paling akhir Desember 2017. Ditengah perdebatan, tiba-tiba agen menawarkan tambahan biaya 2.5jt yang harus dibayar dalam waktu 5 jam kedepan. Tidak ada hitam-diatas putih, kalo mau berangkat harus langsung tranfer. Sepertinya ini sangat memaksakan kami harus membayar jika mau dapat kepastian. Karena saya tidak mau ambil pusing makannya saya langsung membayar, dan sekarang saya menunggu janji agen FT. Jujur FT sudah mengacaukan jadwal yang saya atur dalam setahun karena selalu ingkar janji. Sekarang saya menunggu pengesahan keberangkatan benar/tidak.

  42. Orang tua saya juga sdh mendaftar thn 2016 lunas feb 2016 utk keberangkatan 2017, namun info terbaru juga sama bahwa mereka tdk dpt memberangkatkan periode okt 2016 sd mei 2017 shg dijadwalkan okt 2017 sd des 2017. Apakah FT saat ini sdh mulai kerepotan dgn byknya pendaftar umroh, namun tetap saja membuka jadwal umroh promo thn 2017. Bagaimana penjelasannya?

LEAVE A REPLY