2017, Indonesia Bakal Dijejali 20 Juta Turis

0
1085

20160325_095104_resizedHAJIUMRAHNEWS – Kementerian Pariwisata optmistis target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang bisa dicapai pada 2017, lebih cepat dari target yang dicanangkan Presiden Jokowi pada 2019.

Demikian pula untuk target kunjungan wisatawan domestik sebanyak 275 juta orang akan bisa diraih tahun depan.

“Namun kita tidak bisa bergerak sendiri, harus bersama-sama dari teman-teman industri, pemerintah baik pusat maupun daerah, akademisi, dan media untuk mendorong pariwisata ini. Sekarang branding Wonderfull Indonesia sudah dipakai juga oleh pelaku industri. Ini satu hal yang bagus,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusanta Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty dalam sambutan di Astindo Fair 2016, Jumat (25/3).

Menurut Esthy, meskipun perekonomi global tahun ini melemah, tapi untuk sektor pariwisata tidak terlalu berdampak. Bahkan, menurut survei sebuah bank nasional, spending masyarakat untuk kegiatan pariwisata awal tahun ini justru meningkat.

“Kita punya potensi destinasi wisata yang luar biasa di dalam negeri, sebab itu bagaimana destinasi itu juga bisa ditawarkan oleh pelaku industri. Paling tidak untuk inbound sekarang porsinya di setiap travel agent harus lebih besar dari outbound,” kata dia.

Tahun ini, Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan turis asing sebanyak 12 juta, naik dibandingkan tahun 2015 sebanyak 10 juta orang wisman. (nrd)