Menikmati Sate Bandeng, Cita Rasa Warisan Kesultanan Banten

0
1280

bandenHAJIUMRAHNEWS – Berkunjung ke wilayah Banten rasanya kurang lengkap jika tak mencicipi Sate Bandeng yang lezat. Sebab, inilah resep tradisional peninggalan Sultan Banten pada abad ke-16 ketika menjamu tamunya. Hingga kini, masyarakat Banten masih tetap menyajikannya pada acara pernikahan, maupun perayaan hari besar.

Biasanya sate yang kita kenal di negeri ini menggunakan berbahan dasar daging ayam, sapi, kerbau maupun kambing. Tapi di Serang, Banten, bumi para jawara ini, sate yang menggunakan ikan Bandeng sebagai bahan utamanya. Uniknya, sate ini sama sekali tidak ada durinya. Kuliner yang satu ini menjadi salah satu khas Kota Serang, sebagai ibukota Provinsi Banten.

Adalah para juru masak Kerajaan Banten Girang, yang pertama kali meramu resep sate Bandeng atas permintaan Sultan Banten. Duri terlebih dulu dicabut dari daging ikan dengan cara mencabut tulang dari bagian bawah kepala. Hal tersebut untuk membuang duri-duri halus yang terkandung dalam ikan. Daging ikan kemudian dicampur dengan santan dan bumbu rempah kemudian disatukan kembali dalam bentuk menggunakan kulit ikan. Nah, kulit ikan bandeng yang keras membuat ikan terlihat seperti utuh kembali, setelah itu dibakar.

Jangan kira, lantaran namanya sate, lantas bentuknya seperti sate kebanyakan. Sate Bandeng ini dibentuk semirip mungkin seperti ikan Bandeng. Sate Bandeng bisa diperoleh di pusat oleh-oleh kawasan Kota Serang. Sate Bandeng bisa tahan hingga tiga hari. Tak heran bila pecinta kuliner kerap memburu sate ini sebagai buah tangan kala melawat ke Banten.

Selain dagingnya yang gurih, Bandeng juga kaya akan nutrisi. Seperti protein, kalsium, magnesium, fosfor dan masih banyak lagi. Selain rendah kolesterol, kandungan nutrisi ikan Bandeng dapat meningkatkan kesehatan otak. Sayangnya, tingkat konsumsi di Indonesia masih rendah dibanding negara lain.

Nah, jangan lewatkan untuk mencicipi Sate Bandeng khas Serang Banten, saat Anda berwisata atau melintasi kota ini. Salah sudut kota Serang yang banyak menjajakan Sate Bandeng adalah di kawasan Jalan Sama’un, Lopang Gede, Serang, Banten. (Firman Aulia)