Kuliner Bandung, Seribu Menu Sejuta Rasa

0
875

 

Wisata-Kuliner-Bandung-yang-EnakHAJIUMRAHNEWS – Popularitas Bandung memang tak terbantahkan begitu saja. Bukan hanya dikenal dengan julukan kota kembang sebagai Parisj van Java karena keindahannya. Pun bukan lantaran terkenal sebagai kota belanja dengan banyak factory outlet (FO) yang tersebar di kota ini. Tapi Bandung juga sangat terkenal karena wisata kulinernya. Beragam sajian kuliner citarasa khas sunda berikut kreasinya selalu menggugah selera.

Tak heran bila, Bandung acapkali menjadi destinasi bagi semua kalangan. Nyaris setiap akhir pekan, hampir setiap sudut kota penuh sesak para wisatawan. Tak terkecuali turis dari mancanegara. Karena memang, Bandung menawarkan hampir semua pilihan gaya hidup masyarakat. Termasuk kulinernya yang menyuguhkan seribu menu sejuta rasa yang tersebar dari ujung utara hingga selatan Bandung.

Selain ditunjang udara yang sejuk, bicara soal kuliner Bandung, rasanya tak pernah berujung. Lantas apa saja makanan serta jananan khas Bandung yang selalu diburu para traveler?  Berikut kuliner pilihan yang musti Anda cicipi saat bertandang ke kota Kembang.

Nasi Timbel

Nasi timbel merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Inilah pengemasan nasi khas Sunda, dan banyak ditemui di berbagai rumah makan di Bandung. Nasi ini biasanya dilengkapi dengan lauk lain seperti ikan goreng atau bakar, ayam bakar atau goreng, tahu dan tempe bakar, lalapan, sambal, dan sayur asem.

Karedok

Karedok terbuat dari bahan-bahan sayuran mentah seperti ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. Ini bisa menjadi pilihan bagi kaum vegetarian atau bagi Anda yang bosan dengan nasi.

Mie Kocok

Mie Kocok adalah salah satu jajanan khas Bandung yang selalu digemari sejak dulu hingga kini. Rasanya yang khas dan istimewa selalu menggugah selera. Apalagi jika disantap selagi masih panas. Jajanan berkuah kaldu kental ini merupakan kombinasi mie gepeng, tauge, kikil, ditambah taburan bawang goreng yang melimpah di atasnya. Sepintas memang, mirip mie bakso, tapi rasa kuah dari mie kocok lebih gurih asli dari sumsum tulan dan kikilnya, bukan dari penyedap rasa.

Surabi Bandung

Tidak lengkap jika ke bertandang ke Bandung tak menikmati jajanan yang satu ini. Surabi atau kadang disebut Serabi merupakan jajanan pasar khas tatar sunda. Surabi serupa pancake, namun terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Surabi khas Bandung memang berbeda dengan daerah lain yang rata-rata manis. Selain bercita rasa gurih, Surabi Bandung tampil dengan campuran isi oncom, daging atau sosis dan masih banyak varian rasa lainnya.

Cendol

Minuman khas terbuat dari tepung beras yang disajikan dengan es parut serta gula merah dan santan ditambah irisan Nangka. Rasanya yang gurih dan manis begitu menggoda lidah, terlebih buliran cendol yang begitu terasa ‘ngejendol’. Bahkan kini telah hadir dalam berbagai varian rasa.

Selain yang tersebut di atas, dan aneka menu masakan khas bumi parahiyangan di Bandung Anda masih akan menemui beragam jajanan khas Bandung seperti Batagor, Peuyeum Bandung, Oncom, Colenak, Cireng (aci digoreng), Comro (Oncom di Jero), Cimol (aci digemol), Cilok (aci dicolok), Bala-bala (bakwan), Gehu (toge tahu),  Lotek, Bandrek, Bajigur, Ketan Bakar, Bandros, Risol Risoles, Brownies Amanda, pisang bolen Kartikasari dan masih banyak lagi.

Penasaran? Saatnya kini Anda rencanakan liburan untuk menyusuri wisata kuliner Bandung dengan keluarga atau kerabat. Dan salah satu biro perjalanan yang menawarkan paket liburan Bandung adalah President Tour & Travel, the Leader of Halal Travel. Informasi lebih lanjut di www.presidentour.com (Firman Aulia)